ITB-MG

LEMBAGA RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS MUHAMMADIYAH GROBOGAN

(LRPM ITB-MG)

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. Arah Kebijakan

Lembaga Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (LRPM) ITB-MG sebagai institusi pelaksana terdepan dalam pengembangan di bidang Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat, dituntut untuk berperan aktif untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa dengan kegiatan riset dan pengabdian kepada masyarakat.

ITB-MG saat ini merupakan lembaga pendidikan tinggi yang memiliki disiplin ilmu sains, teknologi informasi, bisnis, dan manajemen, sehingga LRPM sebagai salah satu institusi bagian dari ITB-MG, harus sejalan dan memberikan dukungan tercapainya arah pengembangan yang telah ditetapkan. Dukungan yang diberikan oleh LRPM sebagai institusi yang melaksanakan riset dan pengabdian kepada masyarakat maka LRPM harus menghasilkan penelitian sesuai prioritas nasional, dan Rencana Induk Penelitian (RIP) ITB-MG menjamin pengembangan penelitian unggulan, meningkatkan mutu yang relevan bagi masyarakat, meningkatkan perolehan HKI secara nasional maupun internasional, demikian juga pengabdian kepada masyarakat harus mampu menciptakan inovasi teknologi, mampu melakukan alih teknologi, dan mampu melakukan pengentasan masyarakat tersisih (preferential option for the poor).

LRPM dalam mengelola Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat berdasarkan standar yang telah ditetapkan oleh Direktorat Riset Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM), Direktorat Jenderal Diktiristek, meliputi :

  1. Standar arah, kegiatan penelitian mengacu pada RIP ITB-MG.
  2. Standar proses, kegiatan penelitian dan pengabdian direncanakan, dilakukan, dikendalikan, dan ditingkatkan sesuai dengan sistem peningkatan mutu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkelanjutan.
  3. Standar hasil, kegiatan penelitian memenuhi kaidah ilmiah universal, didokumen-tasikan, didesimenasikan melalui forum ilmiah ditingkat nasional, internasional, serta dapat dipertanggungjawabkan. Standar hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat harus berhasil menciptakan inovasi teknologi untuk mendorong ekonomi dan memenuhi kebutuhan masyarakat.
  4. Standar kompetensi, kegiatan penelitian dilakukan oleh peneliti yang kompeten dan untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dari hasil penelitian yang sesuai dengan kaidah ilmiah.
  5. Standar pendanaan, kegiataan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dilakukan melalui mekanisme hibah blok dan kompetisi yang didasarkan pada prinsip otonomi dan akuntabilitas.
  6. Standar Sarana dan Prasarana, kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat didukung oleh sarana daan prasarana yang mampu menghasilkan temuan ilmiah dan solusi masalah dalam masyarakat.
  7. Standar outcome, kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat harus berdampak positif pada pembangunan masyarakat bangsa dan negara di berbagai sektor.

 

Tugas yang diemban LRPM adalah :

  1. Menentukan arah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Mengkoordinasikan penelitian sains, manajemen, bisnis dan teknologi informasi.
  3. Mengkoordinasikan penelitian untuk mengembangkan konsepsi pembangunan nasional, wilayah dan atau daerah melalui kerjasama antar perguruan tinggi dan atau badan lain, baik di dalam dan di luar negeri.
  4. Mengkoordinasikan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat untuk me-ngembangkan konsepsi pembangunan nasional, wilayah dan atau daerah melalui kerjasama antar perguruan tinggi dan atau badan lain, baik di dalam dan di luar negeri.
  5. Mengkoordinasikan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat untuk me-ngembangkan konsepsi pembangunan nasional, wilayah dan atau daerah melalui kerjasama antar perguruan tinggi dan atau badan lain, baik di dalam dan di luar negeri.
  6. Menghimpun para peneliti di ITB-MG dalam klaster lintas disiplin ilmu.
  7. Mengembangkan payung penelitian unggulan sesuai dengan RIP ITB-MG.
  8. Membentuk dan mengembangkan kelompok peneliti (Research group).
  9. Melakukan kegiatan penyebarluasan hasil penelitian melalui publikasi ilmiah.
  10. Mengkoordinasikan penerapan hasil-hasil penelitian sains, manajemen, bisnis dan teknologi informasi untuk menunjang pembangunan.
  11. Melaksanakan inventarisasi dan pendataan semua aktivitas pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di ITB-MG
  12. Melakukan koordinasi dengan program studi guna menjamin relevansi antara kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan kegiatan pendidikan.
  13. Mengendalikan administrasi sumber daya yang diperlukan.
  14. Melakukan koordinasi aktif dengan Inkubator Bisnis.

 

  1. Visi dan Misi

Visi :

Menjadi Lembaga yang berstandart mutu nasional, mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM).

 

Misi :

  1. Mengembangkan payung Riset dan PPM berbasis IPTEKS;
  2. mengembangkan relevansi Riset dan PPM untuk meningkatkan mutu pendidikan, kebutuhan dunia usaha dan industri serta masyarakat pada umumnya;
  3. Mengembangkan penelitian-penelitian unggulan berbasis RIP dan meningkatkan kiprah ITB-MG dalam hal penelitian, PPM dan publikasi bertaraf nasional dan internasional;
  4. Meningkatkan perolehan HKI (Hak Kekayaan Intelektual);
  5. Mendorong Industrialisasi pedesaan melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna;
  6. Meningkatkan kualitas dan jati diri sumberdaya manusia calon pimpinan masyarakat yang berwawasan jauh ke depan, memiliki sikap kewirausahaan yang kompetitif dan unggul dalam memasuki maupun menciptakan pasar kerja;
  7. Memberdayakan masyarakat dengan mengangkatnya dari keterbelakangan, mengentaskannya dari kemiskinan, meningkatkan kemampuan sebagai subyek pembangunan melalui proses pengembangan metode ilmiah.

 

  1. Tujuan
  2. Mengembangkan manajemen Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam struktur organisasi ITB-MG yang otonom dan manajemen yang sehat;
  3. Mengembangkan kualitas dan kuantitas Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat untuk mendukung pencapaian visi yang mampu melintas wilayah nasional, meningkatkan atmosfir akademik dan program internasionalisasi, serta daya saing nasional;
  4. Meningkatkan Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat yang diarahkan kepada pengembangan, pemanfaatan, penuntasan permasalahan, terutama yang berkaitan dengan pengembangan sumberdaya manusia, sumber daya alam, sains, teknologi informasi, bisnis dan manajemen.
  5. Memberikan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat untuk meningkat-kan relevansi pendidikan, Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat;
  6. Menyiapkan pimpinan bangsa (leadership) melalui enterpreneur dan mampu mengkolaborasi dengan potensi masyarakat.

 

  1. Sasaran
  2. Sasaran Bidang Penelitian
    1. Akselerasi kinerja Pusat Studi ITB-MG melalui pendanaan kompetitif berbasis output.
    2. Penguatan SDM dalam memperoleh grant penelitian dari luar negeri
    3. Penguatan SDM dalam pengelolaan/manajemen penelitian dan research group
    4. Meningkatkan kerja sama penelitian dengan stakeholder
    5. Meningkatkan publikasi internasional dan nasional terakreditasi
    6. Meningkatkan budaya meneliti dan penulisan jurnal melalui hibah kompetisi.
    7. Meningkatkan kapasitas dosen dalam penelitian dan penulisan karya ilmiah nasional.
    8. Eksposing hasil penelitian kepada masyarakat dan pelaku usaha
    9. Membangun iklim peneltian yang kompetitif dan bertaraf nasional
    10. Mengintegrasikan sistem data penelitian di ITB-MG

 

 

  1. Sasaran Bidang Pengabdian kepada Masyarakat

 

  1. Pemberdayaan Dosen sebagai pengembang kelompok pengabdian kepada masyarakat.
  2. Mengembangkan pusat-pusat pelayanan pengembangan bertaraf nasional berbasis kearifan lokal yang mampu memenuhi dan memberikan solusi masalah yang dibutuhkan masyarakat di tingkat Institusi.
  3. Meningkatkan jumlah publikasi hasil karya pengabdian kepada masyarakat
  4. Meningkatkan kerjasama dengan lembaga mitra baik nasional dan internasional.
  5. Meningkatkan budaya kompetensi pengabdian kepada masayarakat berdasarkan hasil penelitian dan penulisan jurnal ilmiah.
  6. Meningkatkan relevansi pengabdian dengan kualitas pembelajaran dan kebutuhan masyarakat.
  7. Revitalisasi peran koordinasi Lembaga Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan program studi.
  8. Meningkatkan kapasitas dosen dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan penulisan karya-karya pengabdian.

 

 

  1. Struktur Organisasi
  2. NAMA-NAMA SDM LEMBAGA RISET DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT ITB-MG

Ketua LRPM

Sekretaris LRPM

Kepala Pusat Studi dan Layanan

Koordinator Bidang Penelitian

Koordinator Bidang Pengabdian

 

 

BAB II

PROGRAM KERJA DAN RENCANA KEGIATAN

 

Sejalan dengan strategi yang dilakukan maka program ditujukan untuk meng-akselerasi kinerja penelitian dalam upaya meningkatkan kualitas penelitian, yang mendukung proses pengembangan ITB-MG menjadi Perguruan Tinggi Teknososiopreuner yang maju dan mulia, sebagai berikut :

 

  1. Program Kerja Bidang Penelitian :
    1. Akselerasi kinerja Pusat Studi ITB-MG melalui pendanaan kompetitif berbasis output.
    2. Penguatan SDM dalam memperoleh hibah penelitian
    3. Penguatan SDM dalam pengelolaan/manajemen penelitian dan research group
    4. Meningkatkan kerja sama penelitian dengan stakeholder
    5. Meningkatkan publikasi internasional dan nasional terakreditasi
    6. Meningkatkan budaya meneliti dan penulisan jurnal melalui hibah kompetisi.
    7. Meningkatkan kapasitas dosen dalam penelitian dan penulisan karya ilmiah.
    8. Eksposing hasil penelitian kepada masyarakat dan pelaku usaha
    9. Membangun iklim peneltian yang kompetitif dan bertaraf nasional
    10. Mengintegrasikan sistem data penelitian di ITB-MG

 

  1. Program Kerja Bidang Pengabdian kepada Masyarakat
  2. Pemberdayaan Dosen sebagai pengembang kelompok pengabdian kepada masyarakat.
  3. Mengembangkan pusat-pusat pelayanan pengembangan bertaraf nasional berbasis kearifan lokal yang mampu memenuhi dan memberikan solusi masalah yang dibutuhkan masyarakat
  4. Meningkatkan jumlah publikasi hasil karya pengabdian kepada masyarakat
  5. Meningkatkan kerjasama dengan lembaga mitra baik nasional dan internasional.
  6. Meningkatkan budaya kompetensi pengabdian kepada masayarakat berdasarkan hasil penelitian dan penulisan jurnal ilmiah.
  7. Meningkatkan relevansi pengabdian dengan kualitas pembelajaran dan ke-butuhan masyarakat.
  8. Meningkatkan kapasitas dosen dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan penulisan karya-karya pengabdian.

 

  1. Rencana Kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
  1. Workshop Pendampingan dan Penyusunan Proposal: Dosen Muda
  2. Pelatihan manajemen penelitian
  3. Pelatihan Pemilihan Jurnal Bereputasi, sitasi dan indeksasi
  4. Social Mapping desa binaan
  5. Monev kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama anatar instansi
  6. Workshop Strategi Pengusulan Penelitian dari Dana Luar Negeri
  7. Workshop dan Penguatan pengelolaan Pusat Studi
  8. Workshop dan pelaksanaan KKN tematik
  9. Workshop dan pengabdian kepada masyarakat desa binaan
  10. Penyusunan buku profil Kompetensi Dosen di Bidang Penelitian dan Pengabdian, dan profile LRPM
  11. Training Teknososiopreneur bagi mahasiswa dan lembaga mitra
  12. Pengembangan Jejaring Promosi dan FGD Kerjasama antar instansi dan industri
  13. Workshop penyusunan Road Map Penelitian Research Group
  14. Pelatihan Reviewer Penelitian
  15. Seminar Hasil Penelitian dan pengabdian
  16. Pemantapan dan peningkatan jejaring dengan lembaga nasional di bidang penelitian.
    •  

 

SELAMAT!!!!
Selangkah Lagi Anda Menjadi Bagian Dari Institut Teknologi Dan bisnis Muhammadiyah Grobogan

Langkah selanjutnya selesaikan Pembayaran Biaya Pendaftaran sebesar Rp 250.000.

Anda dapat melakukan pembayaran via transfer ke Rek BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) Nomor Rek : 4144 154 164 Atas Nama ITB MUHAMMADIYAH GROBOGAN

Atau datang langsung ke loket pembayaran Di Kampus INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS MUHAMMADIYAH GROBOGAN

alamat Jl Gajahmada Kel. Kuripan, Kec. Purwodadi Kabupaten Grobogan

hotline (0292) 421932, +62811313434

Note : Jika Anda Sudah Melakukan Pembayaran Melalui Transfer, foto/ Scan Bukti Transfer Kirim Ke email [email protected]

Perhatian!! Harap Screenshoot dan Simpan Pesan Ini !!!

Best Regards

Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru ITB-MG

Hubungi via WhatsApp