ITB-MG

Manajemen Ritel

Pada dasarnya, manajemen retail adalah suatu proses kegiatan bisnis dalam melakukan kegiatan perencanaan, pengelompokkan dan juga pengendalian sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan.

Deskripsi Secara Umum Manajemen Ritel

Manajemen Ritel merupakan salah satu faktor terpenting untuk menjalankan bisnis ritel dengan sempurna. Di mana dalam hal ini, pengetahuan tentang operasi bisnis dan manajemen menjadi aspek penting yang perlu diperhatikan untuk dapat bertahan di pasaran.

Pengertian Manajemen Ritel adalah proses menjalankan dan mengelola aktivitas keseharian ritel terkait penjualan barang dan jasa kepada pelanggan.

 

Manajemen Ritel  berfokus untuk mengajarkan para mahasiswanya dalam pengelolaan bisnis ritel atau industri ritel. Sebagaimana tingginya minat masyarakat untuk bisa belajar terkait manajemen bisnis, maka jurusan satu ini juga tidak kalah dibandingkan dengan jurusan manajemen bisnis lainnya.

Jurusan manajemen ritel sangat cocok untuk yang menyukai dunia bisnis. Dimana para lulusannya nantinya akan dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan yang banyak mengenai industri bisnis ritel. Sehingga nantinya bisa digunakan untuk memulai karir di dunia industri ritel termasuk juga manajemen toko ritel. 

Selain itu juga bisa mempelajari terkait pembelian, pemasaran serta juga memulai karir sebagai pengawas di tingkat korporasi. Tentu saja akan ada banyak bidang ilmu yang di pelajari pada jurusan ini, dan semua itu akan mengantarkan kepada jenjang masa depan yang cukup menjanjikan. Sebab ada banyak sekali lapangan kerja yang siap menanti terkait manajemen ritel ini. 

Pengetahuan dan Keahlian

  • Membuat Deskripsi Bisnis
  • Perencanaan Usaha Melakukan Strategi Pemasaran
  • Perencanaan Usaha Membuat Analisa Pesaing
  • Rencana Operasional dan Manajemen
  • Strategi pemasaran ritel
  • Mengidentifikasi dan memahami konsumen

Alasan Memilih Prodi Manajemen Ritel

Ilmu manajemen ritel berperan penting dalam berbagai aspek manajerial. Pengetahuan dan kemampuan yang baik terkait dengan manajemen ritel di perusahaan yang dapat diaplikasikan guna meraih sebuah tujuan perusahaan.

Setiap perusahaan maupun bidang usaha kini sangat membutuhkan orang-orang yang menguasai dasar-dasar bisnis maupun prinsip-prinsip manajerial. Hal ini yang akhirnya membuat ilmu tentang manajemen terbilang sangat esensial.

Dalam menyiapkan lulusan yang mampu berperan aktif dalam Ritel 4.0.

Kompetensi mahasiswa ditekankan dalam tiga tahap, yakni perancangan ide, manajemen operasional, dan pemanfaatan teknologi. Hal itu bertujuan agar mereka bisa meracik strategi untuk meningkatkan penjualan melalui perhatian khusus pada setiap pelanggan spesifik.

Bagi mahasiswa manajemen retail yang memiliki jiwa bisnis akan dibimbing melalui inkubator bisnis dan bekerjasama dengan kemitraan dan elemen bisnis lainnya. Elemen-elemen tersebut mencakup permodalan, fasilitas kerja, pelatihan, bimbingan, dan sebagainya.

Prospek Karir

Prospek lulusan Manajemen Ritel dapat mengejar karir dalam berbagai bidang terkait industri ritel maupun manajemen bisnis.

Bisa memulai usaha sendiri atau bekerja di perusahaan. Berikut ini adalah gambaran peluang kerja lulusan manajemen ritel :

  • Perencana bisnis e- commerce

Perencana bisnis memiliki tugas membuat dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa berbasis e-commerce dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi pemilik modal.

  • Business Stratup

Bisa menciptakan jenis usaha berbasis teknologi yang mampu bersaing dalam dunia usaha, memulai bisnis, mengembangkan bisnis dan sukses menjadi pengusaha online maupun offline

  • Marketing Executive

Bertugas membuat dan mengembangkan strategi marketing suatu brand atau pun perusahaan. Nantinya, strategi marketing tersebut perlu dipresentasikan atau dibagikan pada stakeholders, dengan harapan untuk dapat membantu kemajuan bisnis perusahaan.

  • Sistem Analis

Bugas melakukan analisis sistem, merancang sistem kemudian diimplementasikan pada Perusahaan serta bertanggung jawab terhadap hasil yang ingin di capai oleh Perusahaan

SELAMAT!!!!
Selangkah Lagi Anda Menjadi Bagian Dari Institut Teknologi Dan bisnis Muhammadiyah Grobogan

Langkah selanjutnya selesaikan Pembayaran Biaya Pendaftaran sebesar Rp 250.000.

Anda dapat melakukan pembayaran via transfer ke Rek BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) Nomor Rek : 4144 154 164 Atas Nama ITB MUHAMMADIYAH GROBOGAN

Atau datang langsung ke loket pembayaran Di Kampus INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS MUHAMMADIYAH GROBOGAN

alamat Jl Gajahmada Kel. Kuripan, Kec. Purwodadi Kabupaten Grobogan

hotline (0292) 421932, +62811313434

Note : Jika Anda Sudah Melakukan Pembayaran Melalui Transfer, foto/ Scan Bukti Transfer Kirim Ke email [email protected]

Perhatian!! Harap Screenshoot dan Simpan Pesan Ini !!!

Best Regards

Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru ITB-MG

Hubungi via WhatsApp